>>>>Search You Stuff here

0

Psb Online Tahun 2011

Pungutan liar mewarnai penerimaan siswa baru (PSB) tahun ajaran 2011/2012.

Atas dasar itu Koalisi Antikorupsi Pendidikan (KAKP) akan mengawasi proses PSB 2011/2012. KAKP beranggotakan Indonesia Corruption Watch dan Aliansi Orangtua Murid Peduli Pendidikan yang akan bertindak untuk mengawasi jalannya penerimaan siswa baru (PSB).

KAKP dalam penjelasannya, Selasa (21/6) menyebutkan, selama masa PSB koalisi akan mengawasi, termasuk menerima pengaduan.

Disebutkan sampai sekarang sudah ada 46 pengaduan yang masuk ke KAKP. Dan kasus terbanyak adalah pungutan liar atau sumbangan dengan paksaan. Sedangkan jenis kasus lainnya antara lain pemerintah daerah tidak jelas memberikan informasi pelayanan PSB.

Terdapat pula kasus masalah daya tampung sekolah yang tidak memadai (3 kasus), masalah administrasi (2 kasus), penyelenggaraan PSB online, (2 kasus), jual beli bangku kosong (1 kasus), serta kasus terkait keistimewaan dan surat sakti pejabat (1 kasus).

Koalisi memaparkan pungutan dalam PSB cukup beragam yang dapat dibedakan antarjenjang tingkat pendidikan.

Dari keterangan KAKP, untuk tingkat SD/MI pungutan berkisar antara Rp350 ribu-Rp500 ribu, tingkat SMP/MTs berkisar Rp750 ribu-Rp1 juta, dan tingkat SMA/SMK/MA berkisar antara Rp2,5 juta-Rp5 juta.

KAKP juga menuturkan, terdapat berbagai kejanggalan serta permasalahan dalam sistem PSB online, sehingga bisa berpotensi untuk dimanipulasi atau melakukan kesalahan.

Koalisi telah membuka posko pengaduan bagi orangtua murid

di beberapa provinsi antara lain Aceh, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Posko pengaduan ini, masih menurut KAKP, akan menjadi sumber informasi dan pengaduan bagi orang tua murid. Sekaligus akan memberikan bantuan advokasi pada orangtua murid yang menghadapi kesulitan dalam proses PSB.

0 comments:

 
Copyright © Ariza Trend News Online

The "Urban Elements" theme by: Press75.com